Ngendonesia: Sebuah Catatan

Kata sebenarnya adalah Indonesia. Negara kita. Hanya saja dalam keseharian lisan kita, akan lebih nyaman menyebutnya dengan endonesia. Dengan “e”, bukannya “i”. Dengan demikian bisa dibilang “ngendonesia” mempunyai makna meng-Indonesia.

Meng-Indonesia bisa punya banyak arti. (Usaha) menjadi Indonesia, melakukan sesuatu dengan cara Indonesia, berpikir dengan pola pikir atau sudut pandang (orang) Indonesia, atau segala sesuatu –baik penting maupun sepele yang terjadi di Indonesia.

Berawal dari obrolan panjang antara saya dan istri saya, tentang kehidupan kami yang makin lama makin mencoba makin praktis dan menghamba pada ilmu “pokoke”.

Ilmu “pokoke” dalam komunikasi bisa sangat membantu, bisa juga tidak. Ketika sudah (agak lama) menikah, tiba-tiba kami canggung merayu, ragu tuk memuji bahkan malas bermanis kata dalam lisan.

Obrolan menjadi makin pendek dan “pokoke” sama-sama paham. Mungkin juga ini yang terjadi sehingga twitter atau micro-blogging menjadi makin meraja lela, sedang dunia blog menjadi menjemukan –kecuali bagi mereka yang sudah berstatus seleblog.

Saya sedang tidak mengatakan blog sudah atau akan mati, hanya saja blog yang membuat saya pernah begitu tertarik untuk menulis entah bagaimana dan apa sebabnya menjadi tak lagi menarik.

Saya cinta menulis tapi malas. Maka seperti halnya soal cinta, butuh perjuangan. Bahkan rumah tangga pun butuh usaha dan upaya yang tak main-main untuk menjaganya tetap berkelanjutan.

Kembali, saya akan menulis. Tak bisa berjanji akan menjadi tulisan bermutu, tak mampu menjamin akan menarik apalagi menjadi sumber rujukan juga tak yakin akan bisa menjadi sebuah rutinitas.

Selamat membaca saja! Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: